SILABUS BK 2011

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (01)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling

Semester : 1 ( Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan  è -        Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas dengan cara persiapan diri sebagai pelajar yang memahami makna belajar-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan sikap yang menggambarkan pelajar yang mengerti makna belajar
Kompetensi Dasar       è Siswa mampu menghayati makna belajar sebagai pelajar  untuk mencapai keberhasilan belajar yang mendasari pencapaian  masa depan yang diharapkan
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanann Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
        Makna Belajar Informasi Belajar - Pemahaman- Pemeliharaan &

Pengembangan

  1. Pengertian Belajar

 

Memahami pengertian belajar dengan benar sehingga memaknainya dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar
  1. Strategi Belajar

 

Melaksanakan strategi belajar yang efektif demi pencapaian keberhasilan belajar dan pencapaian masa depan yang diinginkan

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (02)

Sekolah : SMA N 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling

Semester : 1 ( Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan    è -        Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat yaitu menjadi pelajar yang memiliki prinsip & gaya belajar yang baik
Kompetensi Dasar         è Siswa mampu menghayati prinsip dan gaya  belajar sebagai pelajar  untuk mencapai keberhasilan belajar yang mendasari pencapaian  masa depan yang diharapkan
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
Prinsip dan Gaya Belajar Informasi Belajar - Pemahaman- Pemeliharaan

&  Pengembangan

  1. Mengenal Otak Kita

 

Mengoptimalkan peran otak sendiri dalam rangka mencapai keseimbangan hidup dan pencapaian optimal potensi diri
  1. Prinsip Belajar

 

Mengenal prinsip belajar yang dapat mendasari kegiatan belajar yang akan dilakukan
  1. Gaya Belajar

 

Mengembangkan gaya belajar yang sesuai dengan keberadaan diri sehingga dapat dipilih dan dilaksanakan dalam kegiatan belajar
  1. Modalitas Belajar dan Ciri-cirinya

 

Mengenal modalitas belajar dan cirinya untuk menemukan cara yang paling tepat dalam belajar sesuai dengan keberadaan diri
  1. Keterampilan Mencatat

 

Mengembangkan bebiasaan mencatat yang efektif untuk memudahkan mempelajari kembali dan menjadi arsip yang penting
  1. Jurus Belajar yang Efektif dan Efisien

 

Melaksanakan jurus belajar yang efektif dan efisien demi pencapaian keberhasilan yang optimal
  1. Meningkatkan

Keterampilan

Mendengar

Mengembangkan keterampilan mendengar agar mendapat informasi yang akurat dan benar pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (03)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling

Semester : 1 ( Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan    è -        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara terbiasa memanfaatkan waktu secara efetif dan produktif-        Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara menghargai waktu yang ada

-        Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi dengan cara memnfaatkan setiap peluang atau kesempatan yang ada

Kompetensi Dasar        è Siswa mampu menghargai dan memanfaatkan waktu dengan benar (efektif dan produktif )
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
Ayo, Aturlah Waktumu - Informasi- Pembelajaran PribadiSosial - Pemahaman- Pencegahan
  1. Pentingnya Mengatur Waktu

 

Mengerti arti penting mengatur waktu sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal
  1. Sejarah Pembagian Waktu

 

Mengerti tentang sejarah pembagian waktu sehingga bijak dalam memanfaatkan waktu yang ada
  1. Mengenal Manajemen Waktu

 

Mengenal manajemen waktu sehingga menjadi dasar dalam pemanfaatan waktu yang berhasil dan berdaya guna
       d.    Membangun KebiasaanMengatur Waktu Terbiasa mengatur atau mengisi waktu secara efektif dan produktif sehingga menjadi bagian penting dalam ke hidupan  sehari-hari

 

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (04)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 1 ( Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan     è -        Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan bersyukur atas anugerah bakat,kemampuan, dan prestasi yang dimiliki-        Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan bakat,minat, dan kemampuan yang dimiliki
Kompetensi Dasar         è Siswa mampu melihat bakat,kemampuan, dan prestasi diri yang perlu sisyukuri dan dikembangkan untuk meningkatkan mutu kehidupannya
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanann Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
       Aku Melihat Bakat - Informasi- Konseling

perorangan

Pribadi -Pemahaman-Pemeliharaan &

Pengembangan

  1. Bakat, Kemampuan, dan Prestasi

 

Mengenal bakat, kemampuan, dan prestasi diri sehingga mau mengembangkannya untuk mencapai pencapaian diri yang optimal
  1. Bakat Umum dan Bakat Khusus

 

Mengenal bakat umum dan bakat khusus sehingga mampu membedakannya dan mengemangkan masing-masing
  1. Tes Bakat dan Tes Prestasi

 

Mengenal tes bakat dan tes prestasi untuk mengenal dan evaluasi diri
  1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bakat dan Prestasi

 

Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bakat dan prestasi sehingga dapat memahami keunikan diri dan mengevaluasi demi perbaikan diri
       e.     Cita-cita Mantap dalam menentukan cita-cita untuk studi lanjut dan pilihan karir
  1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cita-cita

 

Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi  cita-cita sehingga dapat menentukan cita-cita yang sesuai dengan keberadaan diri

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (05)

Sekolah : SMAN 1 Cikalogwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 1 ( Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan       è -        Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita sehingga dapat bergaul secara efektif-        Mencapai kematangan dalam sistem  etika dan nilai dalam relasi kehidupan sehari-hari bersama orang lain

-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan melaksanakan etika pergaulan

Kompetensi Dasar            è Siswa mampu hidup bersama orang lain yang mendasarkan diri pada etika pergaulan
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
Etika Pergaulan - Informasi- Bimbingan

Kelompok

PribadiSosial - Pemahaman- Pencegahan
  1. Pengertian Etiket dan

Etika

Memahami pengertian tentang etiket dan etika dalam kehidupan sehari-hari
        b.   Perbedaan Etiket & Etika Menjelaskan perbedaan antara etiket dan etika dalam kehidupan sehari-hari
  1. Memahami  Etika dan Prinsip Etika

 

Memahami etika dan prinsip etika dalam pergaulan kehidupan sehari
       d.     Prinsip Etika Pergaulan Mengenal prinsip etika pergaulan dalam pergaulan hidup sehari-hari
  1. Melaksanakan Prinsip-prinsip Etika Pergaulan

 

Terbiasa melaksanakan prinsip-prinsip etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari bersama orang lain

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (06)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 1 ( Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan       è -        Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita-        Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan menjunjung tinggi nilai pergaulan

-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan pergaulan remaja yang sehat dan sesuai norma yang berlaku

Kompetensi Dasar           è Siswa mampu bergaul secara efektif sebagai remaja sehingga mendapatkan menfaat bagi perkembangan dirinya
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
Pergaulan Remaja - Informasi- Bimbingan

Kelompok

PribadiSosial - Pemahaman- Pemeliharaan &

Pengembangan

        Pergaulan Sehari-hari remaja Memahami tentang arti penting pergaulan sehari-hari sebagai remaja
  1. Aspek Psikososial Remaja

 

Memahami aspek psikososial remaja sehingga semakin mengenal diri
  1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pergaulan Remaja

 

Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pergaulan remaja sehingga dapat bergaul secara efektif dalam kehidupan sehari-hari
  1. Prinsip Dasar Pergaulan yang Sehat

 

Memahami prinsip-prinsip dasar pergaulan yang sehat sehingga tidak terjerumus pada pergaulan yang membahayakan
  1. Supaya Pertemanan Terjalin Langgeng

 

Membiasakan diri bergaul secra sehat dan efektif sehingga persahabatan dengan siapapun dapat bertahan lebih lama

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (07)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 1 ( Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan       è -        Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan cara menjadi pemimpin yang berakhlak mulia-        Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara menjadi pemimpin yang menjunjung tinggi nilai-nilai kepemimpinan

-        Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara menjadi pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak

Kompetensi Dasar           è Siswa mampu melaksanakan kepemimpinan remaja yang efektif dan efisien / mumpuni sesuai dengan karakter  seorang pemimpin handal
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
       Kepemimpinan Remaja Informasi PribadiSosial Pemahaman
  1. Pengertian Kepemimpinan dan pemimpin
Memahami arti kepemimpinan dan pemimpin  sehingga dapat membedakan maknanya masing-masing
  1. Karakter  Seorang Pemimpin

 

Mengenal karakter yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin sehingga dapat mengenal karakter dirinya dalam kepemimpinan
  1. Remaja Pemimpin Masa Depan

 

Menyadari bahwa remaja adalah pemimpin masa depan sehingga perlu mempersiapkan diri selagi memiliki kesempatan
  1. Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Remaja

 

Melaksanakan kepemimpinan dengan prinsip-prinsip kepemimpinan remaja sehingga proses dan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan
  1. Kamulah Sang Pemimpin

 

Meyakini bahwa setiap pribadi adalah seorang pemimpin sehingga mampu memimpin dirinya sendiri dan orang lain

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (08)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 2 ( Genap )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan       è -        Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan bersyukur atas anugerah kecerdasan yang dimiliki-        Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki

-        Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat

-        Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas

Kompetensi Dasar           è Siswa mampu bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
       Dimensi Kecerdasan Manusia - Informasi- Konseling

perorangan

PribadiSosial -  Pemahaman- Pemeliharaan &

Pengembangan

  1. Kecerdasan Otak / Intekektual (IQ)

 

Memanfaatkan secara efektif kecerdasan otak yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan intelektual /prestasi yang dibutuhkan dalam kehidupan
  1. Kecerdasan Emosional (EQ)

 

Memanfaatkan secara efektif kecerdasan emosional yang dimiliki sehingga dapat bersikap dengan tepat / beradaptasi dengan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
  1. Kecerdasan Fisik (PQ)

 

Memanfaatkan secara efektif kecerdasan fisik yang dimiliki sehingga dapat dimanfaatkan untuk produktivitas dan kesehatan diri
  1. Kecerdasan Spiritual (SQ)

 

Memanfaatkan secara efektif kecerdasan spiritual yang dimiliki sehingga semakin dekat dengan Tuhan dan mendasarkan pada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
  1. Keterkaitan IQ,EQ,PQ, dan SQ

 

Memadukan komponen atau aspek-aspek yang ada pada IQ,EQ, PQ, dan SQ sehingga menjadi pribadi yang semakin efektif, berprestasi, bijaksana, produktif, sehat jasmani dan rohani, serta beriman, bertakwa, dan mendasarkan kepada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
  1. Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang )

 

Memanfaatkan setiap peluang yang ada di tengah hambatan hidup yang dialami sehingga menjadi pribadi yang teguh, percaya diri, dan mampu mencari solusi dari masalah yang dialami

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (09)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester                 : 2 ( Genap )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan       è -        Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita-        Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai

-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat

Kompetensi Dasar           è Siswa mampu mengenal, menganalisa, dan terampil mengatasi masalah yang dialami pada rentang tahapan hidupnya di masa remaja sehingga menjadi remaja yang efektif
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
         Masalah MunculSolusi  Muncul - Informasi- Bimbingan

Kelompok

- Pribadi- Sosial -Pencegahan
  1. Remaja dan Masa Remaja

 

Mengenal diri sebagai remaja dengan segala keunikan/kekhasan yang dimilikinya sehingga dapat memperlakukan diri dengan tepat
  1. Dimensi Perubahan Remaja

 

Mengenal dimensi perubahan diri pada usia remaja sehingga dapat beradaptasi diri dan dengan lingkungannya secara tepat
  1. Masalah pada Remaja

 

Mengenal masalah-masalah yang biasanya muncul pada masa remaja sehingga dapat memberi perhatian yang khusus apabila masalah itu muncul
  1. Stres dan Depresi pada Remaja

 

Mengenal stres dan depresi yang biasanya dialami oleh kaum remaja sehingga dapat  mengatasi atau berlaku dengan tepat apabila kasus tersebut dialaminya
  1. Mengatasi Stres dan Depresi

 

Mengatasi stres dan depresi yang dialami sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari
  1. Langkah-langkah Mengatasi Masalah

 

Mengatasi masalah dengan langkah-langkah yang efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diatasi dengan baik

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (10)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 2 ( Genap )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan      è -        Mencapai kematangan dengan sistem etika dan nilai dengan cara berpikir dan bersikap positif dalam kehidupan sehari-hari-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara berpikir dan bersikap secara positif dalam kehidupan di masyarakat
Kompetensi Dasar           è Siswa mampu berpikir dan bersikap positif dalam pergaulan hidup sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat pada umumnya
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
        Berpikir  danBersikap Positif Bimbingan Kelompok PribadiSosial Pencegahan
  1. Prasangka / Pikiran Negatif

 

Menghindari prasangka atau pikiran negatif agar tidak terjadi kesalahpahaman dan konflik dengan orang lain di manapun berada
  1. Berpikir Positif

 

Membiasakan berpikir positif kepada orang lain agar terjalin rasa saling penghargaan dan rasa saling percaya antara yang satu dengan yang lain
  1. Bersikap dan Bertindak Positif

 

Membiasakan bersikap dan bertindak secara positif dalam pergaulan hidup sehari-hari, baik di rumah, sekolah,atau masyarakat pada umumnya

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (11)

Sekolah : SMAN 1Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 2 ( Genap )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan   è -        Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita yang dapat dilakukan dengan cara melakukan rekreasi remaja yang sehat-        Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara memiilih pola rekreasi yang dapat diterima oleh norma masyarakat

-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara melakukan rekreasi yang bermanfaat, etis, sehat  dan bermakna bagi masyarakat di sekitarnya

Kompetensi Dasar        è Siswa mampu memilih bentuk rekreasi yang paling efektif sehingga memperoleh manfaat bagi perkembangan sosialisasi, kesehatan jiwa dan raganya, serta bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
        Rekreasi Remaja Informasi - Pribadi- Sosial Pemahaman
  1. Pengertian dan Pola Rekreasi
Memahami pola rekreasi sehingga dapat memilih pola yang paling tepat dalam berekreasi
  1. Sejarah Rekreasi

 

Mengenal sejarah rekreasi sehingga dapat melakukan rekreasi secara bijak
  1. Nilai-nilai Rekreasi
Memaknai nilai-nilai rekreasi sehingga bermanfaat bagi kehidupannya
  1. Prinsip-Prinsip Rekreasi

 

Memahami prinsip-prinsip rekreasi sehingga dapat memantapkan diri untuk melakukan rekreasi yang paling efektif
  1. Manfaat Rekreasi

 

Merasakan manfaat rekreasi bagi kesehatan jiwa dan raga, pergaulan dengan  sesama remaja, serta masyarakat di sekitarnya
  1. Faktor-faktor Rekreasi Remaja
Mengenal faktor-faktor rekreasi remaja sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pola / bentuk rekreasi yangakan dipilihnya
  1. Bentuk-bentuk Rekreasi

 

Mengenal bentuk-bentuk rekreasi remaja dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien
  1. Merencanakan Rekreasi Kelompok

 

Membuat perencanaan  rekreasi  bersama teman-teman sebaya / kelompok yang mempertimbangkan aspek nilai, prinsip, manfaat, faktor yang berpengaruh,dan bentuk rekreasi yang ideal sehingga memberi keuntungan bagi diri,kelompok,dan masyarakat di sekitarnya

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (12)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 2 ( Genap )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan     è -        Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara hidup bebas dari kebiasaan korup dalam bentuk apapun-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara bersikap sebagai remaja yang anti korupsi
Kompetensi Dasar          è Siswa menyadari  perlunya sikap anti korupsi dalam bentuk apapun dan menjalankan sikap itu dalam kehidupan sehari-hari
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
Remaja Anti Korupsi Informasi - Pribadi- Sosial Pencegahan
  1. Korupsi di Sekitar Kita

 

Prihatin dengan banyaknya kejadian tindakan korupsi di berbagai tempat atau situasi
  1. Pengertian dan Indikator Korupsi

 

Mengenal pengertian dan indikator korupsi sehingga dapatmenganalisa tentang tindak korupsi yang terjadi di lingkungan hidupnya
  1. Jenis Tindakan Korupsi

 

Mengenal berbagi jenis tindakan korupsi yang biasa terjadi sehingga mau menghindari tindakan korupsi yang terjadi
  1. Membangun Sikap Anti Korupsi

 

Membangun sikap anti korupsi dengan cara tidak ikut-ikut bertindak dan bersikap korup dalam bentuk yang paling sederhana sekalipun
  1. Remaja Anti Korupsi

 

Menjadi remaja yang anti korupsi sebagai bentuk cinta terhadap tanah air dengan menjadi pribadi yang jernih dan terbebas dari tindak kejahatan yang merugikan diri, orang lain, Negara dan melukai hati Tuhan

SILABUS BIMBINGAN KONSELING (13)

Sekolah : SMAN 1 Cikalongwetan Kelas : XI (Sebelas)

Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 2 ( Genap )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan      è -        Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi dengan cara menjadi remaja yang mandiri-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan menjadi remaja yang mandiri
Kompetensi Dasar          è Siswa mampu mengupayakan diri menjadi remaja yang mandiri
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
        Remaja Mandiri Informasi - Pribadi- Sosial - Pemahaman- Pemeliharaan &

Pengembangan

  1. Kodrat Manusia

 

Menjadi remaja yang memahami kodratnya sebagai manusia
  1. Kemandirian

 

Mengembangkan jiwa kemandirian dalam kehidupan sehari-hari
  1. Proses Perkembangan Kemandirian

 

Memahami proses perkembangan kemandirian
  1. Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja

 

Menyadari bahwa kemandirian itu berhubungan dengan kebutuhan psikologis remaja
  1. Ciri-ciri Pribadi Mandiri

 

Berusaha mewujudkan menjadi diri yang memiliki cirri-ciri pribadi mandiri

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (01)

Sekolah                                    : SMAN 1 Cikalongwetan                                                                        Kelas                        :  XII (Duabelas )

Mata Pelajaran/Layanan            : Bimbingan dan Konseling                                                            Semester            :  1 (Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan       è -        Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan cara bersyukur karena memiliki aneka kemampuan diri-        Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional , sosial, intelektual dan ekonomi berdasarkan kemampuan diri yang dimiliki

-        Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu,teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas sesuai dengan kemampuan diri yang dimiliki

Kompetensi Dasar            è Siswa mampu bersyukur atas anugerah aneka kemampuan yang dimiliki dan memanfaatkan secara efektif dan produktif
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
        Aneka Kemampuan Informasi Pribadi Pemeliharaan & Pengembangan
  1. Kemampuan Umum (IQ)

 

Mengenal kemampuan umum yang dimiliki untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan kemampuan intelektual dan pengetahuan yang diperlukan dalam hid upnya
  1. Kemampuan Khusus (Bakat)

 

Mengenal kemampuan khusus yang dimiliki untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan kemampuan bakat yang diperlukan dalam hidupnya
  1. Pengenalan Terhadap

Penelusuran Bakat

Melalui Keluarga

Menyadari arti penting keluarga dalam membentuk bakat seseorang
  1. Kemampuan Akademik

 

Mengembangkan kemampuan akademik sehingga berprestasi dan berhasil sebagai pelajar

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (02)

Sekolah                                    : SMAN 1 Cikalongwetan                                                                        Kelas                        :  XII (Duabelas )

Mata Pelajaran/Layanan            : Bimbingan dan Konseling                                                            Semester            :  1 (Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan è -        Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan cara bersyukur karena memiliki anugerah kemampuan diri yang mendasari masa depan-        Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional , sosial, intelektual dan ekonomi sehingga mencapai masa depan yang gemilang

-        Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu,teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas sehingga masa depannya semakin terjamin

Kompetensi Dasar      è Siswa mampu memahami bahwa hubungan ESQ itu menjadi dasar yang bagi  masa depan seseorang
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
       Hubungan ESQ dan MasaDepan - Informasi- Konseling

Perorangan

- Pribadi- Sosial -Pemeliharaan danpengembangan
  1. Emotional Equotient (EQ)

 

Memahami arti penting EQ bagi perkembangan kualitas diri dan keberhasilan hidup seseorang di masa depannya
  1. Spiritual Equotient (SQ)

 

Memahami arti penting SQ bagi perkembangan kualitas diri dan keberhasilan hidup seseorang
  1. Mengintegrasikan IQ,SQ, dan SQ)

 

Mengerti bahwa hubungan antara E, S, Q itu merupakan dasar yang penting bagi masa depan seseorang di masa depannya

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (03)

Sekolah                                    : SMAN 1 Cikalongwetan                                                                        Kelas                        :  XII (Duabelas )

Mata Pelajaran/Layanan            : Bimbingan dan Konseling                                                            Semester            :  1 (Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan è -        Mencapai kematangan dalam pilihan karir dengan cara memantapkan diri menuju masa depan-        Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas dengan cara memiliki masa depan yang jelas
Kompetensi Dasar      è Siswa mampu mengolah diri untuk memantapkan diri menuju masa depan yang diharapkan di kemudian hari
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
        Mantap Menuju MasaDepan Penempatan & Penyaluran Karir Pemahaman
  1. Pemilik Masa Depan

 

Menyadari bahwa para pelajar / remaja adalah pemilik masa depan yang diidamkan oleh diri sendiri maupun oleh keluarga / pihak lain
  1. Sikap Dasar Menuju Masa Depan

 

Memiliki berbagai sikap dasar yang dibutuhkan untuk menuju masa depan yang diharapkan oleh diri sendiri maupun oleh keluarga / pihak lain
  1. Kamu “ Dipanggil“

 

Menyadari bahwa setiap pribadi / pelajar / remaja  “dipanggil“  untuk menyiapkan diri dan siap menuju masa depan
  1. Melihat Jauh ke Depan

 

Menyadari bahwa remaja perlu melihat jauh ke depan agar berwawasan lebih luas dan mendalam dalam kaitannya menuju masa depan yang diimpikan

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (04)

Sekolah                                    : SMAN 1 Cikalongwetan                                                                        Kelas                        :  XII (Duabelas )

Mata Pelajaran/Layanan            : Bimbingan dan Konseling                                                            Semester            :  1 (Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan è -        Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan menjadi pribadi yang matang dan dewasa-        Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara menjadi pribadi yang matang dan dewasa

-        Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi dengan bukti menjadi  pribadi yang matang dan dewasa

Kompetensi Dasar      è Siswa menjadi pribadi yang matang dan dewasa sesuai dengan usia mental masa remaja
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
        Menjadi Pribadi yangMatang dan Dewasa Informasi - Pribadi- Sosial Pemeliharaan & Pengembangan
  1. Ciri-ciri Orang Dewasa

 

Mengupayakan menjadi remaja /manusia yang memiliki  ciri-ciri orang dewasa
  1. Macam-Macam Kedewasaan

 

Menjadi dewasa dalam banyak hal
  1. Melihat Tingkat Kedewasaan Diri

 

Mengenal dan mengevaluasi diri tingkat kedewasaan diri sebagai sarana semakin mengembangkan/menyempurnakan diri

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (05)

Sekolah                                    : SMAN 1 Cikalongwetan                                                                        Kelas                        :  XII (Duabelas )

Mata Pelajaran/Layanan            : Bimbingan dan Konseling                                                            Semester            :  1 (Ganjil )

Standar Kompetensi /Tugas Perkembangan           è -        Mencapai kematangan dalam pilihan karir sesuai dengan tipe kepribadian yang dimiliki-        Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas selaras dengan tipe kepribadian yang dimiliki
Kompetensi Dasar               è Siswa mampu menghubungkan tipe kepribadiannya dengan karir yang diinginkan di masa depan
Materi Layanan Indikator / Tujuan Layanan Jenis Layanan Bidang Bimbingan Fungsi Layanan
        Tipe Kepribadian yangBerhubungan dengan Karir Informasi Karir Pemeliharaan & Pengembangan
  1. Tipe-tipe Kepribadian dan Pilihan Karir

 

Memahami hubungan antara kecenderungan tipe kepribadian dengan pilihan karir
  1. Model Orientasi Pribadi

 

Memahami model orientasi pribadi yang berhubungan dengan pilihan karir
  1. Realitas dan Persiapan Memilih Karir

 

Memahami kenyataan  keberadaan diri dalam kaitannya dengan persiapan memilih karir
  1. Penelitian Diri

 

Berani mengadakan peelitian diri tentang tipe kepribadian dan model orientasi pribadi yang berhubungan dengan pilihan karir 
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s